Why Mobile-Friendly Website Is A Must?

Why Mobile-Friendly Website Is A Must?

Website dі era millenial іnі ѕеtіар tahun nya semakin banyak diakses mеlаluі perangkat seluler. Oleh sebab itu, membangun sebuah website dengan mobile friendly sangatlah penting. Mobile friendly dapat membuat tampilan website menjadi lebih ramah, yaitu tampilan baik gambar dan tulisan dapat dilihat dan dibaca oleh pengunjung dengan menyesuaikan ukuran pada layar mobile.

Dapat dikatakan bahwa website mobile friendly menjamin tampilan sempurna diseluruh perangkat mobile dan dekstop tanpa melupakan kemudahan aksesnya. Ini akan membuat pengunjung website menjadi lebih nyaman ketika berada pada website Anda. Oleh sebab itu, website mobil friendly sangat menjadi rekomendasi untuk website Anda.

Website yang mobile friendly sendiri disebut juga dengan responsive website, yaitu website yang dapat menyesuaikan tampilan layoutnya mengikuti ukuran viewport masing-masing device yang digunakan. Responsive website mendukung untuk meminimalkan pengguna dalam melakukan resizing, scrolling, serta panning website pada browser masing-masing devicenya. Saat ini pengguna internet lebih banyak menghabiskan waktu dan dengan mengakses website melalui handphone. Hal ini dikarenakan kepraktisan yang ditawarkan oleh smartphone karena dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Beberapa alasan Anda harus memiliki website mobile friendly 

1.    Hampir semua orang mengakses dengan melalui mobile

Mobile adalah tren paling hangat saat ini. Sekitar 80% pengguna internet di seluruh dunia telah menggunakan perangkat mobile, baik itu smartphone maupun tablet. Angka ini setara dengan 1,2 miliar orang dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tanpa website mobile friendly yang dioptimasi dengan baik, Anda tidak mungkin berhasil merambah segmen mobile ini.

2.    Membangun kredibilitas dengan pelanggan Anda

Jika Anda tidak ingin kehilangan kepercayaan dari pelanggan Anda hanya karena situs web Anda memiliki tampilan yang buruk ketika di akses di perangkat mobile. Maka segera perbaiki situs web Anda sekarang.

Kehilangan pelanggan hanya karena Anda tidak mau memperbaiki situs Anda ini akan membuat Anda rugi. Karena dengan situs yang Mobile Friendly mampu membangun kredibilitas Perusahaan Anda dengan pelanggan Anda. Ini juga akan menarik pelanggan baru yang akan tertarik dengan bisnis Anda dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan baru kepada Perusahaan Anda.

3.    Mampu menjangkau pengguna mobile

Semakin banyaknya pengguna ponsel pintar di seluruh dunia, membuat kemunculan website mobile lebih dijangkau secara luas bagi pelaku bisnis.

Kini ponsel pun tak hanya dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi, tetapi juga untuk promosi bisnis. Beberapa diantaranya, adalah untuk memberikan informasi terkait bisnis baru, menawarkan produk baru, membicarakan produk melalui media sosial dan lain sebagainya.

4.     Mobile membutuhkan strategi khusus

Perilaku pengguna desktop berbeda dari pengguna mobile. Nah, perilaku yang berbeda ini membutuhkan strategi khusus agar kampanye pemasaran Anda dapat berjalan mulus. Kami jamin, kampanye mobile Anda akan berjalan jauh lebih mudah menggunakan website mobile-friendly.

Strategi yang Anda bangun sifatnya harus menyeluruh. Artinya, Anda tidak dapat mengandalkan satu channel seperti akun media sosial saja. Bagaimana pun juga, Anda perlu memiliki ‘tulang punggung’ berupa landing page yang bisa Anda optimasi sendiri sesuai kebutuhan.

Peran inilah yang nantinya dimainkan oleh website mobile friendly. Dengan segala kemudahannya, Anda dapat menjadikan website jenis ini sebagai ‘pusat’ kampanye mobile Anda.

5.      Mobile ads masih merupakan peluang promosi yang menjanjikan

Iklan mobile dapat dioptimasi agar tampil di semua perangkat, termasuk smartphone dan tablet, dengan berbagai macam kriteria pengguna sesuai keinginan Anda.

Masalahnya, ke mana selanjutnya Anda perlu mengarahkan para calon pelanggan yang melihat iklan Anda? Iklan memang dapat diarahkan ke halaman media sosial atau nomor telepon Anda. Namun, ini saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan landing page yang selalu bisa Anda andalkan dan optimasi sendiri. Website mobile friendly bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

6.      Website mobile-friendly dapat meningkatkan citra bisnis Anda

Saat ini baru sekitar 56% website yang menggunakan fitur mobile friendly. Ini berarti kurang lebih ada separuh kompetitor Anda masih belum menggunakannya. Kalaupun sudah, biasanya belum dioptimasi dan dimanfaatkan dengan baik.

Survey lain juga menunjukkan 89% calon pelanggan setuju bahwa website dapat membuat bisnis lebih terpercaya. Sementara itu, 79% di antaranya menyatakan akan membeli atau menggunakan suatu layanan apabila memiliki website. Inilah kesempatan Anda. Jadikan ini peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Diatas adalah alasan kenapa situs web haruslah mobile friendly. Karena saat ini adalah era perubahan perilaku pengguna desktop menuju mobile. Bisa dibilang, website-mobile friendly adalah masa depan pemasaran online. Tentu Anda harus merubahnya . Jangan sampai Anda tertinggal oleh para kompetitor karena mereka telah menggunakan website mobile friendly lebih dahulu daripada Anda.

Oleh:

Lutfia Mila Anggraeni

No Comments

Post a Comment