Tips Membuat Caption Produk

Tips Membuat Caption Produk

Maraknya penggunaan sosial media dalam mempromosikan bisnis dengan mudah dan cepat, membuat bisnis kita semakin luas jangkauannya. Kita tidak lagi harus memasang iklan di baliho agar bisnis dikenal, dengan sosial media kita dapat mempromosikannya lebih murah. Karena semua serba tulisan dan gambar, kamu harus bisa mengolahnya dengan baik.

Gambar yang bagus apabila disertai dengan caption yang menarik akan memperlancar promosi bisnis kamu. Caption bagus dan menarik hati akan lebih disukai. Imbasnya akan ada banyak like dan repost, kemudian makin meningkat pula followers kamu karena merasa mendapat manfaat dari caption yang kamu tulis.

Berjualan di jaman sekarang memang dituntut untuk lebih kreatif agar menarik banyak pelanggan. Semakin bagus caption akan semakin baik untuk penjualan. Nah, bagaimana sih cara membuat caption yang menarik sehingga orang tertarik untuk membeli barang atau jasa yang kamu jual?

1.            Buat caption dengan tujuan

Saat menciptakan keterangan pada gambar, pikirkan tentang ‘tujuan’ di balik postingan tersebut. Buat kalimat singkat dan penuh makna agar orang tertarik untuk membaca. Memikirkan alasan utama mengapa kamu membuat postingan itu adalah langkah awal untuk menciptakan caption gambar yang bisa menghasilkan rasa keterlibatan.

2.            Share tulisan menarik

Kalian bisa membuat tulisan tentang hal-hal menarik yang ada disekitar, seperti berita viral atau tips-tips sederhana. Jangan lupa, caption ini harus disesuaikan dengan target pasarmu sehingga mereka akan mendapat banyak manfaat dari caption itu.

Misalnya kamu berjualan fashion wanita, maka buatlah caption mengenai cara mix and match atasan dan bawahan atau cara memadukan aksesoris dengan baju agar matching. Caption-caption seperti ini akan meningkatkan rasa percaya customer kepada produk kamu. Yuk mulai sekarang kita coba!

3.            Buat cerita produk

Tambahkan cerita dari sebuah produk untuk menambah kesan lebih kepada followers kamu. Buat cerita yang menarik tentang produk yang kamu jual, kamu harus mencatat betul bagaimana sebuah produk tercipta dan apa makna dari nama produk tersebut. Kemudian orang akan tertarik untuk membeli karena sudah mengetahui makna dari produk yang ia beli.

4.            Pasang Call to Action (CTA)

Ketika caption sudah menarik dan mengundang banyak followers, pastikan followers kamu berinteraksi dengan captionmu. Kamu bisa menuliskan kalimat seperti ‘double tap jika tulisan ini bermanfaat’ atau yang lain. Semakin tinggi like, comment, dan share maka orang semakin yakin dan tanpa ragu akan membeli produkmu.

5.            Give Away!

Ini adalah caption yang sangat diminati semua pengguna sosial media. Followers bisa mendapatkan hadiah gratis dengan melakukan beberapa persyaratan tertentu. Ingat, jangan lakukan give away dengan cuma-cuma tanpa menguntungkan online shop kamu. Dari situ tercapailah win-win solution.

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment