Tips Memilih Template Website

Tips Memilih Template Website

Website merupakan salah satu media sosial yang dapat kalian gunakan untuk membangun branding bisnis. Selain itu website juga dapat berfungsi sebagai media promosi yang sangat efektif karena kebiasaan masyarakat kini yang lebih aktif di internet. Website dapat diisi dengan artikel, landing page, atau membuat toko online yang dapat diakses semua orang.

Proses pemilihan template website tidak dapat dilakukan sembarangan, karena kesesuaian website merupakan citra sebuah perusahaan. Template website merupakan wajah situs Anda yang memainkan peran penting dalam bagaimana pengguna serta mesin pencari melihatnya. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar desain website bekerja dengan baik untuk memasarkan produk.

1.            Jenis situs apa yang akan Anda bangun?

Template situs web menentukan struktur situs Anda, fungsi, dan tampilannya. Pilih desain template yang dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan website Anda. Kebutuhan template website company profile tentu bakal berbeda dengan kebutuhan template website berita yang mayoritas diisi oleh artikel dan gambar.

2.            Desain yang sesuai dengan kebutuhan

Desain menentukan bagaimana informasi akan terstruktur ketika orang lain membuka website Anda. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

–              Pilih lebar konten yang sesuai, apakah lebar penuh atau lebar kotak semua tergantung jenis website yang Anda buat.

–              Pastikan desain header yang Anda gunakan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan website Anda.

–              Pilih navigasi yang dapat memudahkan pengunjung ketika mencari informasi yang mereka butuhkan di dalam website.

–              Desain web harus mudah dioperasikan, responsive, dapat bekerja dengan baik, serta mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pengunjung website Anda.

3.            Kelengkapan fitur dan kustomisasi

Website menyediakan beragam opsi fitur dan kostumisasi yang dapat Anda gunakan. Pelajari sesuai dengan kebutuhan website Anda agar kedepannya tidak mengalami keterbatasan fungsi. Ingatlah bahwa kustomisasi template situs web harus meningkatkan template tanpa memerlukan perancangan ulang yang lengkap.

Misalnya jika Anda ingin membuat website booking online, maka template yang digunakan wajib memiliki fitur reservasi dan cek jadwal kosong. Sementara jika website Anda merupakan toko online, template yang digunakan tentunya harus sudah mendukung integrasi plugin e-Commerce atau page builder agar nantinya tidak kesulitan dalam merancang halaman produk.

4.            Dukungan pelanggan dan anggaran

Pilih template dimana designer website menawarkan dukungan pelanggan melalui telepon, email, atau fitur online lainnya sehingga Anda dapat mengupload situs ke website dengan mudah dan cepat.

Rencanakan pula anggaran yang dikeluarkan untuk sebuah website yang akan Anda unggah. Anda dapat konsultasi langsung dengan tim kami secara gratis via Whatsapp di +62 896-9416-4241.

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment