Instagram Ads

Instagram Ads

Pengertian Instagram Ads

Apasih Intagram Ads itu?

Instagram Ads adalah salah satu kegiatan beriklan di instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan di targetkan. Bahkan fitur iklan ini sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, atau mengumpulkan leads baru.

Jangan lupa Instagram Ads adalah Platform visual sehingga iklan dengan teks bukanlah pilihan tepat ketika memasang iklan di Instagram. Kamu membutuhkan gambar dan video agar menarik perhatian audiens.

Alasan kenapa instagram ads menjadi pilihan para pembisnis

Instagram ads memiliki banyak keunggulan yang tak kalah dengan ads pada platform lain. Berikut merupakan keunggulan instagram ads adalah sebagai berikut.

  • Keunggulan Instagram Ads
  • Iklan yang ditampilkan pada Instagram Ads tidak terkesan agresif seperti yang ditampilkan oleh platform medsos lainnya
  • Setelah diakusisi oleh Facebook, Instagram Ads pun akhirnya menggunakan sistem targeting yang sama seperti Facebook. Memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk memperoleh informasi dan penargetan yang spesifik, seperti dari lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, ketertarikan, dll.
  • Instagram Ads menyediakan beberapa jenis variasi format iklan dari mulai foto, video, dan juga carousel
  • Instagram Ads juga menyediakan fitur untuk meningkatkan engagement yang terdiri dari tombol button ajakan seperti follow, kunjungi website kita, atau download aplikasi

Istilah – istilah Instagram Ads

  • Ads Manager

Merupakan  aplikasi iklan dari Facebook yang berfungsi untuk membuat dan mengelola Facebook serta Instagram Ads secara bersamaan. Aplikasi ini mempunyai fitur yaitu menciptakan iklan, menjalankan iklan, melakukan targeting, menentukan anggaran/modal iklan, menunkukkan kinerja iklan (performance ads), dan menunjukkan ringkasan riwayat, serta informasi metode pembayaran iklan.

  • Power Editor

Adalah sebuah tools iklan dari Facebook yang dirancang untuk para pengiklan besar yang ingin membuat, mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan sekaligus. Juga, memiliki kontrol yang tepat untuk campaign  iklan Anda.

  • Business Manager

Adalah sebuah fitur dalam facebook yang digunakan untuk beriklan. Business manager bersifat stand alone, yaitu berdiri sendiri, tidak tergantung pembuatnya, dan dapat dipindahkan. Bahkan Business Manager juga bersifat good standing, artinya satu business manager bisa memuat lebih dari 10 Ads.

Jenis format Instagram Ads

Anda harus memahami jenis format tersebut, dengan begitu anda bisa menyesuaikan jenis iklan dengan kebutuhan promosi bisnis anda.

  • Image Ads

Merupakan jenis Instagram Ads yang mengandung konten gambar. Karena gambar sendiri adalah suatu hal yang mudah diterima  oleh semua kalangan. Namun untuk membuatnya pun membutuhkan banyak persyaratan.

  • Video Ads

Merupakan jenis Instagram Ads yang mengandung konten video. Karena video adalah hal yang menarik menurut banyak orang dan mudah diterima. Namun kita juga tidak boleh mengabaikan tentang isi kontennya. 

  • Carousel Ads

Iklan carousel Ads memungkinkan pengiklan menjangkau pemirsa target dengan lebih dari satu jenis materi iklan. Bagikan cerita yang terintegrasi, beberapa produk, atau narasi bersambung dengan format iklan yang fleksibel ini.

  • Instagram Stories Ads

Instagram membuat gebrakan baru pada update terbaru aplikasinya. Yaitu, dengan meluncurkan fitur stories yang hampir mirip seperti yang dimiliki Snapchat. Instagram  Stories Ads sendiri merupakan fitur update video dan foto yang akan tampil pada menu Stories dalam kurun waktu 24 jam. Instagram pun juga telah memungkinkan para pebisnis untuk membuat iklan di Instagram Stories, Ketika membuka menu stories dan terus melanjutkannya dari stories yang dibuat dari satu pengguna ke stories berikutnya Menguasai cara beriklan di Instagram sudah menjadi keharusan bagi sebagian besar pemilik bisnis karena aktifnya pengguna di media sosial tersebut. Banyaknya influencer dan figur publik yang aktif menggunakan Instagram menjadikan media sosial ini semakin ramai. Sebagai pemilik bisnis, Anda tentunya tidak bisa mengabaikan keramaian tersebut. Terutama bagi para pemilik bisnis yang konsumennya berasal dari kalangan umur 18 sampai 34 tahun, Instagram adalah ladang untuk mendulang keuntungan. Cara membuat Instagram Ads adalah langkah awal untuk menjangkau konsumen Anda.

Oleh:

Lutfia Mila Anggraeni

No Comments

Post a Comment