Perlukah Membangun Personal Branding Dalam Bisnis?

Perlukah Membangun Personal Branding Dalam Bisnis?

Istilah personal branding menjadi populer akhir-akhir ini di kalangan media sosial. Personal branding merupakan pencitraan diri kamu secara individu sebagai seorang pebisnis. Personal branding yang kamu bangun akan mencerminkan nilai-nilai kepribadian, keahlian, maupun kualitas diri kamu yang membuat berbeda dengan orang lain.

Menjadi yang terbaik saja tidak cukup dalam sebuah bisnis. Personal branding menjadi nilai plus pada bisnismu karena kamu akan dikenal dan dipercaya banyak pelanggan. Pelanggan akan cenderung memilih dan mempercayai produk dari perusahaan atau brand yang mereka kenal dengan baik secara personal maupun melalui orang yang sudah memakai produk dari suatu brand tersebut.

Jadi, jawabannya adalah sangat perlu membangun personal branding. Dengan personal branding, orang lain atau pelanggan akan bisa melihat diri atau bisnis kamu dari karakter positif yang dibangun. Juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan kamu baik dimata pelanggan, rekan bisnis, hingga kompetitor diluar sana. Manfaat lain yang bisa kalian dapatkan dengan membangun personal branding adalah sebagai berikut.

  1. Mempunyai authenticity

Personal branding hanya bisa dibangun oleh diri sendiri bukan orang lain. Personal branding berperan penting membantu kamu tumbuh dari sesuatu yang memang kamu bisa dan yakini. Branding akan membuat kamu menjadi orang yang otentik. Kamu mendapatkan kejelasan tentang diri kamu yang sebenarnya berdasarkan bakat, keterampilan, kekuatan, dan bidang keahlian yang membuat kamu unik.

  1. Menambah kepercayaan diri

Dengan personal branding yang matang, kamu bisa menekankan pada apa kelebihan kamu dan memberi tujuan yang jelas kemana dan dimana kamu bisa menggunakan kemampuan ini. Hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu juga loh dan juga membuat kamu mengenali kesempatan mana yang perlu kamu kejar, sehingga kamu menjadi lebih fokus akan pencapaian bisnis selanjutnya.

  1. Mendapatkan pelanggan dengan mudah

Memiliki personal branding yang baik, akan sangat memudahkan kamu mendapatkan pelanggan. Hal ini dikarenakan mereka (para pelanggan) sudah mengenal dirimu melalui brand yang telah dibangun dengan kuat. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap transaksi yang mereka lakukan, mereka akan sangat percaya terhadap kualitas dari produk bisnis kamu. Pemasaran produk pun akan jauh lebih mudah sehingga target yang kamu inginkan dapat tercapai.

  1. Lebih mudah membangun jaringan/koneksi

Personal branding tidak hanya terbatas di dunia Internet, tetapi juga di dunia nyata. Dengan personal branding yang baik, kamu akan lebih mudah membangun jaringan bisnis. Semakin luas jaringan bisnis yang kamu bangun, semakin mudah pula produk kamu dikenal oleh orang lain.Personal branding memiliki banyak manfaat yang bisa membantu bisnis kamu. Membangun branding tidak membutuhkan waktu yang sedikit, prosesnya cukup lama sampai kamu benar-benar dikenali dan dipercaya banyak orang. Kamu tidak perlu bersusah payah memperkenalkan diri kepada mereka, tetapi kamu buat mereka tertarik kepada produk kamu.

Sumber:
http://blog.pekku.com/manfaat-personal-branding-dalam-membangun-bisnis
https://www.jurnal.id/id/blog/unsur-jenis-tujuan-dan-manfaat-branding/
https://grahanurdian.com/apa-itu-personal-branding-dan-6-manfaatnya/
https://blog.ngorder.id/ini-dia-4-manfaat-personal-branding-untuk-kemajuan-bisnis-anda/#.YYSt57qlbIU

No Comments

Post a Comment