7 Tips Agar Anda Tidak Salah Pilih Vendor Website

7 Tips Agar Anda Tidak Salah Pilih Vendor Website

Kini telah banyak jasa website murah bertebaran di dunia maya. Namun, sayangnya tidak semua jasa bisa memberikan penawaran sesuai dengan budget pengguna. Bahkan, terkadang justru sering membuat kecewa, karena pelayanan yang diberikan tidak sesuai realita.

Tidak jarang juga penyedia jasa website murah justru kualitasnya sangat rendah. Ketika website sudah jadi dan Anda share ke kolega, website sering lemot, error dan lain sebagainya.

Nah, untuk sahabat Anda yang kini sedang mencari jasa pembuatan website dengan harga terjangkau berikut 7 tips menarik cara memilih vendor website khusus Anda.

1. Menyediakan Jasa Konsultasi Layanan

Terutama bagi pemula yang tidak mengerti apa-apa tentang dunia website, carilah jasa pembuatan website yang kredibel dan terpercaya. Karena, perusahaan berkualitas biasanya menyediakan jasa konsultasi gratis bagi para calon konsumennya.

Jangan segan untuk bertanya terkait berbagai layanan yang ditawarkan, apa saja fitur-fiturnya, desain, dan berbagai aspek-aspek lainnya.

2. Pilih Jasa dengan Portofolio Terbanyak

Portofolio bisa Anda jadikan sebagai penilaian kualitas suatu jasa pembuatan website. Portofolio adalah contoh proyek yang pernah dikerjakan oleh perusahaan terkait. Melalui contoh tersebut, Anda bisa menilai kualitas hasil pekerjaan mereka.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung ke website perusahaan jasa tersebut. Biasanya, di website official mereka akan dicantumkan beberapa atau semua proyek yang sudah dikerjakannya.

3. Memperhatikan Situs Website-nya

Sebuah penyedia jasa pembuatan website, pasti memiliki sebuah web. Nah, silahkan Anda perhatikan web mereka. Pasalnya, website mereka bisa menjadi cerminan hasil proyek pembuatan web yang Anda percayakan kepada mereka.

Pastikan perusahaan tersebut memiliki tampilan web yang bagus. Bagus yang dimaksud dari berbagai aspek, mulai dari desain, kecepatan loading, dan aspek-aspek lainnya.

4. Perhatikan Pelayanan dan Biaya-Biayanya

Jika Anda sudah mendapatkan gambaran kualitas hasil pekerjaan mereka, silahkan cek hal lainnya. Misalnya seperti menggali informasi pelayanannya, lengkap dengan biaya-biayanya. 

Umumnya, sebuah jasa pembuatan website memiliki beberapa pilihan paket. Masing-masing paket memiliki fitur dan harga yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan penawaran yang cocok sesuai kebutuhan.

Namun, jangan hanya asal pilih yang murah saja. Pastikan juga kualitasnya mumpuni. Perhatikan detail pelayanannya sebelum memilih. Jangan ragu juga untuk membandingkan paket dan harga layanan dengan tempat lain.

5. Perhatikan Spesifikasi Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data web yang Anda buat. Hosting ditawarkan dalam beberapa pilihan paket. Masing-masing paket memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Artinya, harganya pun berbeda-beda juga tergantung dari seberapa bagus spesifikasinya.

Spesifikasi hosting termasuk disk space, bandwidth, CPU, dan RAM. Selain itu, ada juga fitur tambahan lain seperti auto backup file yang digunakan sebagai sistem keamanan.

Jika Anda pemula dan belum paham, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak penyedia jasa. Itulah kenapa, penyedia jasa dengan konsultasi gratis harus menjadi prioritas saat memilihnya.

6. Perhatikan Fitur yang Disediakan

Fitur menjadi salah satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan fitur pada web sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pasalnya, fitur akan memudahkan Anda dalam mengelolanya.

Jika fitur dirasa terlalu rumit, silahkan Anda konsultasikan pada penyedia jasa agar bisa disederhanakan. Nantinya, penyedia jasa pembuatan web akan mengganti fitur sesuai keinginan Anda.

7. Tanyakan Apakah Sudah Support SEO atau Belum?

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi untuk meningkatkan traffic atau pengunjung website.

Tanyakan kepada pihak penyedia jasa pembuatan web, apakah harga yang ditawarkannya sudah termasuk layanan SEO atau belum?

Jika belum, tanyakan kepada pihak terkait apakah mereka menyediakannya atau tidak?

SEO adalah hal yang penting agar website perusahaan Anda memiliki pengunjung yang banyak. Semakin banyak pengunjung atau traffic, semakin bagus untuk usaha Anda.

No Comments

Post a Comment