How to choose Domain?

How to choose Domain?

Bicara soal dasar-dasar pembuatan website, ternyata masih banyak pengguna yang belum paham betul tentang pengertian apa itu domain. Padahal, di era digital yang serba online seperti sekarang ini peran domain sudah sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain. Selain memudahkan juga bisa digunakan untuk branding agar citra perusahaan menjadi lebih populer di kalangan konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat domain sesuai websitemu;

1.      Buat Nama Domain yang Brandable

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, nama domain akan menjadi identitas website kamu di dunia online. Nama domain yang brandable adalah nama yang unik dan menonjol berdasarkan brand (merek) pada bisnis kamu.

Dengan nama domain yang sesuai dengan nama brand bisnis kamu, akan membuat pengunjung website lebih percaya dengan produk ataupun informasi yang terdapat di website kamu.

2.      Buat Nama Domain yang Sesuai dengan Niche Website

Niche website merupakan topik dari sebuah website.

Kenapa nama domain harus sama dengan niche website kamu? Karena ketika user membuka website kamu, maka user akan menemukan informasi yang relevan dengan nama domain yang mereka ketikkan di mesin pencarian. Hal ini akan membuat user lebih yakin dan percaya dengan website ataupun bisnis kamu. Selain itu juga membuat website kamu terlihat lebih profesional yang terfokus pada satu niche.

  • Gunakan nama domain yang singkat

Dalam memilih domain hal yang paling penting adalah memilih nama yang mudah diketik atau buatlah nama yang simple agar mudah diingat oleh calon konsumen. Jika kamu memiliki nama domain yang mudah diingat Brad kamu akan cepat di kenal.

  • Gunakan keyword yang berhubungan dengan keperluan website-mu

Membuat domain yang mengandung kata kunci website juga bisa menjadi alternatif agar domain kamu unik dan menarik.

Selain unik dan menarik, menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci akan memudahkan kamu dalam optimalisasi SEO agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Setelah itu, traffic website-mu juga akan meningkat.

5.   Riset

Sebelum menentukan nama domain kamu harus melakukan riset / penelitian terhadap nama yang akan kamu pakai, karena terkadang nama tersebut sudah dipakai oleh pihak lain. Dari sini kamu harus kretif dalam membuat nama domain agar terlihat lebuh unik dan menarik.  

6.   Hindari Penggunaan Hypens (-)

Selain harus unik dan menarik, domain yang bagus juga harus natural. Membuat nama domain yang menggunakan hyphens ( simbol: – ) akan membuat nama domain kamu tidak natural dan sulit untuk diingat. Karena orang-orang akan berpikir bahwa nama domain kamu terlihat ribet dan aneh. Bayangkan jika domain facebook diberi hypens diantara ‘face’ dan ‘book’ maka akan menjadi ‘face-book’. Di situ terlihat lebih ribet dan sulit di ingat.

7.   Gunakan Extension Domain yang Tepat

Extension yaitu akhiran yang ada pada nama domain website kamu seperti .com atau .id. Saat ini sudah banyak jenis-jenis domain beserta extension yang dapat kamu gunakan extension “.com” merupakan paling tepat yang bisa kamu gunakan. Karena extension ini merupakan extension tertinggi dan terpopuler dibanding extension domain yang lain. extension ini juga sudah dikenal sejak lama dan jika extension .com yang kamu pilih tidak tersedia, maka kamu bisa menggunakan extension domain .org atau .net sebagai pilihan terbaik berikutnya. Jika tidak tersedia juga, kamu dapat menggunakan extension seperti .co.id.

Oleh:

Lutfia Mila Anggraeni

No Comments

Post a Comment