Google untuk Bisnis

Google untuk Bisnis

            Memanfaatkan situs pencarian raksasa dunia untuk bisnis? Apakah bisa? Tentu bisa! Di era modern seperti saat ini, dimana banyak kegiatan yang melibatkan internet, Anda juga bisa berbisnis secara online lho!. Bisnis online bisa Anda bangun melalui situs pencarian raksasa dunia bernama GOOGLE! Sebelum membahas Google untuk bisnis, apakah bisnis online itu? Apa hubungannya dengan Google?

            Bisnis online merupakan bisnis yang memanfaatkan media internet sebagai media pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan (Timothy, 2010). Internet saat ini telah menciptakan ekonomi baru bagi para pebisnis. Internet mengubah persepsi kita tentang cara berbisnis, dari tradisional menjadi online. Internet menjadi tempat yang recommended untuk berbisnis, hanya dengan ponsel pintar maka pelanggan dapat mengakses usaha Anda. Pelanggan juga dapat mengunjungi toko online Anda kapanpun selama 24 jam. Berbisnis online dapat Anda lakukan dengan mudah salah satunya melalui Google.

            Melalui situs Google, bisnis Anda bisa dipasarkan menggunakan website, blog atau Youtube. Dengan begitu maka bisnis Anda akan mudah ditemukan orang hanya dengan mencari kata kunci dari bisnis Anda. Semua informasi mengenai bisnis Anda akan terpampang setelah orang mengetik nama bisnis Anda. Google juga memiliki fitur yang mempermudah Anda untuk berbisnis seperti Google Bisnisku.

            Google Bisnisku merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik bisnis, fitur ini akan mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap bisnisnya, seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan (Mubarok, 2018). Dengan adanya Google Bisnisku maka semakin banyak orang yang mengetahui informasi mengenai bisnis Anda dengan mudah.

Berikut beberapa keuntungan yang Anda dapat jika menggunakan Google Bisnisku (Mubarok, 2018) :

1. Informasi yang Dijamin Valid

Melalui Google Bisnisku anda harus memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya. Karena, hanya pemilik bisnis terverifikasi yang dapat membuat Google Bisnisku. Informasi yang valid dan terpercaya dari bisnis anda dapat menjadi poin plus untuk menambah keyakinan pelanggan terhadap bisnis anda.

2. Informasi yang Lengkap dan Aktual!

Anda dapat memanfaatkan semaksimal mungkin Google Bisnisku dengan menampilkan informasi dari nama, deskripsi, jam operasional, sampai review pelanggan bisnis anda secara lengkap.

3. Bisnis Anda Muncul di Google Maps

Dengan memiliki bisnis di Google Bisnisku, bisnis anda akan otomatis muncul di Google Maps. Munculnya bisnis anda di Google Maps akan mempermudah pelanggan yang ingin datang mengunjungi tempat bisnis Anda.

4. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis Anda

Google akan menampilkan informasi bisnis anda di hasil pencarian ketika orang-orang mencari kata kunci nama bisnis Anda di Google. Pelanggan dengan mudah mengetahui bisnis anda hanya dengan search engine Google.

5. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Melalui Google Bisnisku, anda akan memperoleh fasilitas review dari pelanggan. Jika anda berhasil memberikan produk dan pelayanan yang memuaskan, maka review pelanggan anda dapat menjadi salah satu alat promosi bisnis anda.

6. Menjadi Media Komunikasi Pelanggan

Selain menyediakan review pelanggan, terdapat juga fitur tanya jawab pelanggan. Hal ini dapat memudahkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan tentang bisnis anda sehingga anda dan pelanggan dapat berkomunikasi secara lancar tanpa harus tatap muka. 

7. Menjadi Alat Analisis Pelanggan

Di Google Bisnisku, juga dapat melakukan analisis pelanggan dengan fitur Analytics. Dengan fitur tersebut, anda dapat melihat performa bisnis anda, jumlah pelanggan yang menemukan bisnis anda, dan interaksi pelanggan dengan bisnis Anda.

Daftar Pustaka:

Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F., & Rumahorbo, B. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE CINDERAMATA KHAS BATAK BERBASIS ANDROID. Jurnal METHODIKA, Vol. 3, No. 1 , 242-246.

Mubarok, I. (2018, November 2). Niagahoster. Dipetik Agustus 13, 2019, dari Niagahoster Website:

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku
Timothy, J. (2010). Membangun Bisnis Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Oleh:

Fitrianti Rizqi Amalia

No Comments

Post a Comment