Mobile-Friendly Website

Mobile-Friendly Website

Di era modern, hampir semua oang memiliki mobile. Mobile atau era sekarang biasa disebut dengan smartphone semakin digandrungi oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan mudahnya mengakses informasi melalui smartphone tersebut, dibantu dengan internet yang terhubung maka anda langsung bisa mengakses informasi yang akan anda cari. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun terjangkau dan terbilang efektif. Untuk dapat memperoleh informasi melalui smartphone, salah satu hal yang dapat anda lakukan ialah mengakses website. Website pada smartphone menjadi salah satu situs pencarian informasi yang terpercaya dan banyak dikunjungi. Seperti yang dilansir dalam tirto.id pada tanggal 14 Maret 2019, founder & CEO Doxadigital Viktor Iwan mengungkapkan bahwa ponsel genggam (mobile) sudah mendominasi jumlah kunjungan situs web di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa website pada smartphone menjadi alternatif penting untuk mencari informasi. Dengan begitu, diperlukannya situs website yang ramah dengan smartphone atau sebuah MOBILE FRIENDLY WEBSITE.

APAKAH MOBILE FRIENDLY WEBSITE ITU?

            Mobile friendly website adalah website yang dirancang secara optimal untuk perangkat mobile (Aditya, 2017). Website jenis ini juga dikenal dengan nama website responsive, hal ini dikarenakan website ini memiliki kemampuan untuk mampu ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran layar mobile yang berbeda (Aditya, 2017). Website jenis ini akan menyesuaikan ukuran, layout, serta konten sesuai perangkat mobile anda agar anda dapat mengakses informasi dengan nyaman dan efisien. Dengan adanya website yang ramah dengan ponsel anda, maka semakin memudahkan anda untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun anda berada. Mobile friendly website pun menjadi salah satu “primadona” masyarakat untuk mengakses informasi.

            Untuk bisnis, website jenis ini juga akan sangat membantu anda, karena di era ini banyak pengakses website yang lebih memilih melalui mobile, hal ini akan menjadi peluang bagi anda para pebisnis untuk memasarkan bisnis anda di dunia maya. Bisnis anda juga akan banyak dikenal melalui web ini, citra usaha anda akan meningkat dan lebih terpercaya. Anda juga bebas mengatur desain web anda untuk menarik pelanggan di era modern ini.

KEUNTUNGAN MENGAKSES MOBILE FRIENDLY WEB?

            Selain keuntungan yang telah tersebut diatas, berikut beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh jika mengakses mobile website (Nova, 2011) :

  • Ukuran Halaman yang Kecil

Pada mobile web akan terdapat pengurangan komponen web seperti Javascript, Flash, Ajax, dan lain-lain sehingga ukuran halaman yang anda akses akan ter-download kecil. Hal ini akan memudahkan anda yang memiliki mobile dengan layarukuran kecil, karena anda akan lebih mudah mengaksesnya.

  • Ringan dan Simpel

Dengan berkurangnya komponen pada situs web tersebut, maka anda akan lebih cepat dalam mengakses informasi pada website. Sekaligus anda juga akan semakin ringan dalam menjelajah website tersebut.

  • Hemat: Irit Bandwidth/Kuota

Anda akan lebih hemat bandwidth/kuota apabila menggunakan mobile web. Terlebih lagi apabila banyak terdapat operator seluler yang masih melakukan pentarifan berdasarkan kuota/data yang masuk ke mobile kita.

  • Handy dan User Friendly

Anda akan lebih nyaman menggunakan mobile web karena mobile mudah dibawa kemanapun tanpa mengganggu kegiatan lain anda. Mobile web juga akan memudahkan anda mengakses informasi karena sederhana dan tidak rumit susunannya.

Daftar Pustaka:

Aditya, M. S. (2017, Juli 12). Niagahoster. Dipetik Agustus 12, 2019, dari Niagahoster Website: https://www.niagahoster.co.id/blog/7-alasan-website-mobile-friendly/

Nova, H. A. (2011). Panduan lengkap internet lewat ponsel java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Thomas, V. F. (2019, Maret 14). tirto.id. Dipetik Agustus 12, 2019, dari tirto.id Website : https://tirto.id/situs-web-disebut-paling-banyak-diakses-melalui-ponsel-djcz

Oleh:

Fitrianti Rizqi Amalia

No Comments

Post a Comment