Clickbait, Tips Jitu Menarik Pembaca

Clickbait, Tips Jitu Menarik Pembaca

Penggunaan clickbait sudah tidak jarang dan bahkan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sosial media. Clickbait merupakan suatu cara pembuatan judul agar lebih menarik. Kenapa judul harus menarik? Judul menarik akan membuat kamu serta user lainnya menjadi penasaran untuk mengklik suatu konten bacaan itu.

Umumnya judul memang menjadi hal pertama yang dibaca oleh user. Kamu bisa membuat judul yang menarik dan mengandung kosakata yang sekiranya bisa menggoda user untuk mau membacanya. Bahkan pembaca bisa saja memberikan like terhadap konten yang kamu buat hanya karena judul yang kamu buat menarik, tanpa melihat isi kontennya terlebih dahulu. Jadi sebegitu pentingkah judul yang menarik?

Judul membawa pengaruh yang besar terhadap konten kamu, namun beberapa pembaca sering menemukan judul yang menarik tetapi tidak sesuai dengan informasi yang didapat. Bahkan pembaca menganggap bahwa informasi yang diterima adalah hoax atau tipuan belaka. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan pembaca pada konten dengan judul menarik.

Membuat clickbait tidaklah mudah, tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba tips berikut.

  • Judul yang luar biasa

Melebih-lebihkan atau memberikan hiperbola pada suatu headline adalah inti dari sebuah clickbait. Tambahkan kata-kata yang membuat pembaca penasaran dengan isi konten kamu, seperti “Mengejutkan”, “Wow”, “Baper parah!”, dan kata-kata hiperbola serupa lainnya.

Judul seperti itu akan membuat pembaca tertarik untuk klik konten tersebut. Tapi pastikan pula bahwa isi konten yang kamu buat harus sesuai dengan judul, berikan informasi berdasarkan kebenaran. Jangan sampai kamu memberikan informasi hoax dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

  • Gunakan angka pada judul

Angka pada judul juga dapat kamu gunakan sebagai judul yang menarik perhatian pembaca. Dengan adanya tambahan angka tersebut, konten yang kamu buat seolah lebih tegas karena memudahkan pembaca memahami point informasi yang ada dalam konten. Contohnya, “5 Kesalahan Saat Membuat Konten”.

  • Tentukan target

Dalam membuat judul konten, kamu harus menentukan target pembaca. Pembaca pada range target tersebut akan merasa dilibatkan dan membuat pembaca tertarik untuk klik konten yang kamu buat. Karena jika kamu tidak menentukan target, bukan hanya judul kamu yang kurang menarik, tetapi juga isi konten kamu akan terlalu general dan malah gagal memikat siapapun. Contohnya seperti, “Cara Memasarkan Produk bagi Pedagang Online Pemula”.

Clickbait dirasa sangat efektif dalam menjaring pembaca jika dibuat dengan tepat sesuai dengan konten yang kamu buat. Perlu banyak berlatih agar kamu bisa dan terbiasa membuat judul-judul konten yang efektif untuk menarik pembaca. Dengan begitu, website atau blog kamu akan lebih ramai pengunjung dan dinanti-nanti oleh banyak pembaca.

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment