5 Tips Ampuh Menulis Artikel SEO

Menulis artikel dengan baik belumlah cukup, kamu perlu membuat artikel yang mudah dicari dan menjadi nomor satu di Google sehingga website kamu dibanjiri pengunjung. Nah, bagaimana melakukannya? Kamu perlu membuat artikel SEO, yaitu artikel yang mengikuti aturan algoritma Google terbaru dan menarik bagi pembaca.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Seperti namanya, SEO adalah tindakan untuk mengoptimalkan website sehingga dapat lebih mudah berada pada halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan Alexa. Menulis artikel SEO bisa menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menulis artikel SEO. Namun, RUVODO akan membagikan 7 tips yang terbukti paling ampuh dan mudah dilakukan untuk optimasi SEO artikel. Simak tips berikut ini.

  1. Ketahui karakteristik calon pembaca

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui karakteristik calon pembaca. Dengan memahami karakteristik mereka, kamu dapat memahami apa yang mereka inginkan. Contohnya, setelah riset kamu menemukan fakta bahwa mayoritas karakteristik calon pembaca website kamu adalah mahasiswa, umur 19-25, dan tertarik dengan teknologi.

Dengan informasi tersebut, kamu dapat membuat konten dan mengusulkan topik yang terkait dengan rekomendasi seputar teknologi. Semakin relevan konten kamu dengan karakteristik pembaca, semakin besar kemungkinan artikel akan muncul di halaman pencarian Google.

  1. Riset keyword

Kamu harus mengetahui apa saja keyword yang sering diketik oleh calon pembaca artikelmu. Caranya adalah dengan riset keyword, kamu tinggal menuliskan topik kontenmu di alat seperti Keyword Tool atau Ubersuggest. Lalu, kamu akan menemukan apa saja keyword yang sering ditulis untuk topik tersebut.

  1. Gunakan judul yang menarik

Tak hanya menulis artikel SEO, tetapi kamu juga harus pandai merangkai kata untuk menarik minat pengguna membaca. Kamu memiliki waktu sepersekian detik untuk meyakinkan pembaca agar mau membaca artikel, yaitu melalui judul.

Oleh karena itu, tentukan judul yang menarik yang dapat mewakili isi artikel, sehingga pembaca merasa perlu untuk memahami informasi apa yang terkandung dalam artikel kamu. Walaupun tidak ada batasan jumlah huruf atau kata untuk membuat judul, sebaiknya jangan membuat judul yang bertele-tele dan jangan sampai judul tidak sesuai dengan isi artikel.

  1. Manfaatkan heading dan subheading

Heading dan subheading tidak hanya membuat tulisan kamu lebih teratur, tetapi juga berguna untuk SEO. Menggunakan heading dan subheading dalam artikel akan membantu mesin pencari memahami isi artikel yang kamu buat.

Kamu dapat menggunakan heading untuk memisahkan poin diskusi dari poin diskusi lainnya. Setiap kali kamu memulai pembahasan tentang subtopik, kamu harus menggunakan subheading untuk membatasinya pada pembahasan lain.

  1. Optimasi gambar, video, maupun file

Optimalisasi gambar bertujuan untuk mempersingkat waktu loading website. Website dengan waktu pemuatan yang lambat mungkin mendapatkan ulasan buruk dari Google, yang akan menurunkan peringkat website kamu.

Karena itu, kamu perlu memperhatikan ukuran gambar yang digunakan dalam artikel. Kamu dapat mengurangi ukuran gambar melalui situs web seperti TinyJPG atau TinyPNG. Selain itu, kamu perlu menambahkan teks alternatif untuk mendeskripsikan gambar agar Google dapat memahami gambar dalam artikel.

Menulis artikel SEO sangat berguna untuk digital brand dan strategi pemasaran, sehingga menulis artikel SEO menempati posisi penting dalam strategi digital marketing. Selain unsur bisnis, menulis artikel SEO juga bermanfaat bagi orang yang memiliki blog pribadi dan ingin pengguna lain membaca artikelnya.

Sumber:
https://www.dewaweb.com/blog/cara-menulis-artikel-seo/
https://www.nataconnexindo.com/blog/belajar-digital-marketing-7-tips-ampuh-menulis-artikel-seo
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menulis-artikel/
https://bitlabs.id/blog/artikel-seo/

Post a comment

Your email address will not be published.