Target Pasar Tepat, Penjualan Semakin Meningkat

Salah satu cara menaikkan angka penjualan adalah dengan memperoleh pembeli sebanyak-banyaknya. Untuk mencapai hal ini, langkah yang biasa dilakukan adalah pemasaran. Nah, sayangnya pemasaran tidak selalu memberikan hasil yang maksimal. Salah satunya mungkin karena target pasar yang kurang tepat. Jika kita tidak membidik konsumen dengan tepat, pemasaran akan menjadi sia-sia.

Target pasar itu sendiri merupakan sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk kamu. Umumnya target pasar akan memiliki karakteristik yang sama baik dari sisi kebiasaan, demografi, dan lainnya. Dengan kata lain, target pasar adalah informasi yang harus diperoleh calon pembeli dan promosi‌‌ ‌terkait‌ ‌produk‌/jasa kamu.

Kamu perlu mencari langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan akhir konsumen, yang memungkinkan konsumen untuk membeli produk/jasa yang kamu tawarkan. Nah, yuk simak 3 tips dibawah ini agar target pasar kamu tepat dan penjualan semakin meningkat.

  1. Mengenali target

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui identitas yang akan menjadi target pasar kamu terlebih dahulu. Misalnya berapa usia target rata-rata, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya, dan juga latar belakang sosial budaya. Hal ini berkaitan dengan produk atau jasa yang akan kamu jual.

Misalnya, jika kamu menjual produk anak-anak, tentu pemasaran di kalangan anak muda akan kurang efektif. Begitu pun jika kamu menjual produk kosmetik warna-warni dengan kemasan lucu, tentunya Anda tak mungkin melakukan pemasaran di kalangan ibu-ibu, bukan? Jadi sangat penting mengidentifikasi target pasar agar promosi tidak sia-sia.

  1. Mengetahui tren

Pahami tren pelanggan. kamu dapat melakukannya dengan bergabung di media sosial atau forum di situs web tertentu. Dari sini, kamu dapat memahami jenis barang dan jasa apa yang dibutuhkan pelanggan yang produsen atau penjual lain yang menjadi pesaing kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan  mereka.

Dari sini kamu dapat memahami kelemahan pesaing dan menentukan produk dengan kemasan lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Saat memasarkan, kamu bisa menegaskan keunggulan produk atau jasa dan bersiap untuk “menargetkan” konsumen tersebut. Mengetahui tren juga bermanfaat agar konten yang kamu buat selalu update dan tidak ketinggalan zaman.

  1. Menentukan produk atau jasa

Setelah memahami kekurangan kompetitor, kini saatnya kamu tampil ke permukaan dengan menawarkan produk baru yang siap memenuhi kebutuhan pasar. Produk harus jelas spesifikasinya dan diperuntukkan bagi siapa. Ini akan membantu kamu lebih fokus dalam menargetkan konsumen. Berikan produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan lebih bernilai dari kompetitor.

Strategi pemasaran yang baik dimulai dengan menentukan target pasar yang potensial. Oleh karena itu, pebisnis perlu menerapkan strategi yang efektif agar produk/jasa yang ditawarkan sesuai dengan yang konsumen butuhkan. Sedangkan pemasaran acak untuk produk dan jasa yang kurang spesifik tidak akan memberikan hasil terbaik.

Sumber:
https://www.niagahoster.co.id/blog/target-pasar/
https://toffeedev.com/blog/12-cara-menentukan-target-pasar-yang-tepat-sasaran/
https://www.foliopos.com/blog/detail/5-cara-pintar-menentukan-target-pasar

2 comments

  1. […] Yang terpenting, kamu harus memahami proses bisnis yang sedang berjalan, dan tidak terburu-buru mengambil keputusan yang dapat menyebabkan kesalahan bisnis. […]

  2. […] Yang terpenting, kamu harus memahami proses bisnis yang sedang berjalan, dan tidak terburu-buru mengambil keputusan yang dapat menyebabkan kesalahan bisnis. […]

Post a comment

Your email address will not be published.