Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Era digital marketing membuat banyak orang salah dalam memahami persamaan dan perbedaan digital marketing dan internet marketing. Mereka menyamakan berbagai strategi marketing saat ini menjadi digital marketing. Padahal banyak sekali strategi pemasaran yang ada dalam dunia marketing.

Melalui artikel ini kamu akan belajar apa itu internet marketing dan digital marketing secara singkat.

Apa Itu Digital Marketing?

Strategi digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform digital. Bukan hanya menggunakan platform digital, strategi pemasaran ini juga menggunakan internet. Istilah digital marketing bisa kita simpulkan lebih luas cakupannya dari istilah internet marketing.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang populer sebelum terkenalnya digital marketing. Strategi pemasaran ini menyasar pengguna internet untuk kegiatan marketingnya. Kamu harus langsung terkoneksi dengan jaringan internet untuk menjalankan strategi pemasaran ini. 

Internet marketing meliputi seluruh kegiatan pemasaran yang menggunakan jaringan internet dan biasa dikenal dengan istilah online marketing.

Perbedaannya Digital Marketing dan Internet Marketing

Digital marketing mencakup bentuk pemasaran yang lebih luas seperti SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click), email marketing, content marketing dan masih banyak lagi. 

Platform yang strategi digital marketing gunakan juga lebih beragam daripada internet marketing. Sementara, internet marketing hanya bentuk pemasaran yang berbasis internet. Bisa kita simpulkan internet marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing.

Intinya, digital marketing tidak wajib menggunakan internet. Sementara itu, internet marketing adalah upaya pemasaran yang dilakukan menggunakan internet. 

Segala upaya pemasaran yang menggunakan teknologi digital sudah dapat dimasukkan dalam digital marketing.

Jadi, internet marketing merupakan bagian dari digital marketing. Namun, tidak semua yang disebut sebagai digital marketing merupakan bagian dari internet marketing.

Digital marketing memiliki cakupan yang lebih luas sehingga dapat disebut sebagai payung dari internet marketing.

Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Justru internet marketing dapat dikatakan sebagai bagian dari digital marketing.

Lalu mana yang lebih efektif? Semuanya tergantung pada model bisnis dan tujuan marketing yang ingin kamu capai. Kamu bisa memilih bentuk marketing yang sesuai dengan tujuanmu.

No Comments

Post a Comment