Apa itu Social Media?

Apa itu Social Media?

            Sosial media yang biasa disingkat sosmed atau medsos kini banyak dikenal orang. Hampir seluruh elemen masyarakat dari muda hingga tua mengenal dan dapat menggunakan sosial media. Sosial media menjadi media komunikasi penghubung antar manusia. Dengan kecanggihan teknologi informasi yang terus diperbarui, berefek pada sosial media yang semakin memiliki kecanggihan pula. Canggihnya sosmed pada era modern ini membuat manusia lebih memilih beralih menggunakannya untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Mereka akan berbondong-bondong ingin mengikuti trend teknologi informasi modern dengan bisa mengakses sosmed.

Lalu, apakah sosmed itu?

            Jika diartikan, media sosial merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “media” dan “sosial”, dimana “media” merupakan sarana bertukar pesan, dan “sosial” berarti  proses sosial (Laughey, 2007; Mcquail, 2003 dalam Mulawarman & Nurfitri, 2017). Sosmed dalam hal ini berarti suatu sarana komunikasi untuk melakukan proses sosial di masyarakat, seperti untuk menjalin hubungan dengan teman, untuk menyampaikan informasi penting kepada masyarakat tentang dampak dari suatu hal, dan lain-lain. Saat ini pengguna sosmed dapat menggunakan sosmed sebagai media penyalur dan penerima informasi, media berdagang, media beriklan, dan juga media menyampaikan opini. Dengan sosmed, jarak yang jauh tidak menjadi penghalang seseorang untuk menyampaikan pesannya. Seseorang juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk sekedar ingin bertukar pesan dengan kerabatnya.             Tak hanya itu, sosmed pun juga dapat berfungsi sebagai media pendukung dalam dunia kerja atau bisnis. Seperti fitur sosmed yang dapat mengirimkan file dengan mudah dikirim kepada orang yang dituju, dapat melakukan panggilan video tanpa tatap muka secara langsung atau video call, dan terdapat pula fitur komentar yang dapat menjadi penghubung antara penjual dan pembeli. Berbagai kemudahan pengaksesan sosmed menjadi salah satu alasan mengapa sosmed banyak digandrungi saat ini. Tetapi, berbagai suguhan dari sosmed tersebut tidak boleh menjadikan kita terlena dan merubah fungsi utama dari sosmed itu sendiri. Kita sebagai pengguna haruslah bijak dan menggunakan sosmed dengan baik. Penggunaan sosmed yang dinilai melenceng akan melahirkan fenomena-fenomena negatif, yang dapat berakibat fatal juga bagi manusia. Seperti sosmed dijadikan sebagai media untuk melecehkan, menghujat, memfitnah atau hal buruk lainnya. Maka dari itu seiring kecanggihan teknologi menghasilkan produk komunikasi berupa sosmed ini juga perlu untuk dipahami fungsi, batasan dan koridornya.

Daftar Pustaka:

Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan . Buletin Psikologi, Vol. 25, No. 1, 36-44.

Oleh:

Fitrianti Rizqi Amalia

No Comments

Post a Comment