Apa itu Marketplace?

Apa itu Marketplace?

            Seiring berjalannya arus globalisasi, membuat dunia bisnis dituntut dapat memanfaatkan sebaik mungkin teknologi yang ada. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan mempertahankan bisnisnya. Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk itu, seperti memanfaatkan media online. Media online saat ini tengah ramai diminati. Media online menjadi wadah bagi perusahaan untuk dapat melakukan beberapa aktivitias bisnisnya, misalnya dalam mempromosikan dan menjual produknya. Mempromosikan dan menjual produk usaha melalui media online dapat memperluas pasar dan memberi informasi kepada banyak orang. Berbisnis dengan dukungan media online ini dirasa dapat menambah keuntungan bagi suatu usaha. Salah satu media online yang dimaksud bernama Marketplace.

            Marketplace merupakan sebuah layanan berupa lapak virtual yang menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan proses transaksi (Hutauruk, Naibaho, & Rumahorbo, 2017). Marketplace berbeda dengan pasar konvensional, tetapi mereka memiliki peran sama yakni sebagai tempat untuk proses jual beli barang. Bedanya, marketplace lebih tersistem oleh perangkat teknologi informasi. Dengan marketplace, pelanggan tidak perlu mendatangi secara langsung toko atau bertransaksi secara langsung untuk mendapat apa yang mereka inginkan. Hanya dengan akses internet maka pelanggan dapat mengunjungi marketplace yang mereka inginkan untuk melihat, bertanya dan membeli produk dimanapun dan kapanpun. Untuk proses transaksi pembayaran pada marketplace dapat dilakukan melalui jasa pengiriman atau bisa juga transfer. Sedangkan barang pembelian nanti akan dikirim melalui jasa pengiriman. Marketplace membuat bisnis menjadi mudah mengakses target pasar mereka seluas-luasnya. Dan memberi kemudahan untuk pelanggan mereka dalam memperoleh informasi seputar bisnis dan melakukan transaksi dagang. Melalui marketplace, bisnis dapat menunjukkan produknya kepada publik tanpa ada resiko kerusakan pada produk. Tak hanya itu, marketplace juga membuat bisnis menjadi kreatif untuk menampilkan usaha virtual mereka sebaik  mungkin. Tetapi, perlu diingat bahwa kita juga harus memperhatikan marketplace mana yang akan kita lakukan transaksi. Pilihlah marketplace terpercaya dengan mencari informasi akurat tentang marketplace tersebut ya!

Daftar Pustaka:

Hutauruk, B. D., Naibaho, J. F., & Rumahorbo, B. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE CINDERAMATA KHAS BATAK BERBASIS ANDROID. Jurnal METHODIKA, Vol. 3, No. 1 , 242-246.

Oleh:

Fitrianti Rizqi Amalia

No Comments

Post a Comment