Manfaat Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

Apa itu Artificial Intelligence ? 

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan manusia yang dimodelkan oleh mesin dan diprogram untuk berpikir seperti manusia. Kecerdasan buatan juga merupakan cabang ilmu komputer yang didedikasikan untuk memecahkan masalah kognitif yang biasanya terkait dengan kecerdasan. Orang suka belajar, pemecahan masalah dan pengenalan pola. Kecerdasan buatan biasanya diasosiasikan dengan benda futuristik dan robot. Saat ini kita sering menjumpai teknologi kecerdasan buatan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti Google Assistant, Siri dan Alexa yang merupakan asisten virtual dan bekerja pada teknologi kecerdasan buatan. Sistem rekomendasi yang biasa kita temukan saat membuka aplikasi dan website e-commerce juga merupakan aplikasi AI.

Berikut adalah beberapa manfaat AI dalam kehidupan manusia : 

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan hadirnya AI yang dapat bekerja secara efisien dan cepat, pekerjaan secara alami dapat dilakukan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak dari manusia, sehingga membantu manusia untuk melakukannya dan produktivitasnya meningkat.

2. Cepat dan efisien

Kecerdasan buatan otomatis dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, seperti fitur dalam program pengeditan gambar yang dapat mengubah latar belakang, warna, dan bahkan menghapus objek tertentu dari gambar dengan satu klik.

3. Membantu Meminimalkan Kesalahan Manusia

Fitur seperti keyboard autocorrect, github copilot bisa sangat berguna untuk pekerjaan manusia agar pekerjaan lebih cepat dan akurat, contoh fitur AI lainnya pada kendaraan roda 4 seperti mobil sudah bisa menggunakan sensor untuk menghindari; hambatan di jalan dan tentunya mengemudi sendiri dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

4. Otomatisasi

Pekerjaan selektif dapat dengan mudah dilakukan secara otomatis oleh AI, seperti deteksi spam bahkan deteksi virus. Ini adalah contoh kegunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia, karena teknologi yang digunakan dengan benar membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

https://hmsd.ittelkom-pwt.ac.id/2022/08/20/manfaat-artificial-intelligenceai-dalam-kehidupan-manusia/

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!