Tetap Tenang Saat Hadapi Pandemi COVID-19

Tetap Tenang Saat Hadapi Pandemi COVID-19

Dalam upaya penanganan wabah virus corona, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan physical distancing. Virus corona akan semakin menjadi-jadi jika kita tidak melakukan pencegahan-pencegahan seperti, membatasi kunjungan ke tempat ramai, tidak kontak langsung dengan orang lain, dan berkegiatan #dirumahaja.

Selama pandemi ini, terkadang memang kita cemas dan gelisah akan berita-berita yang tersebar diinternet. Ada beberapa hal yang peru kalian lakukan agar tetap tenang saat menghadapi pandemi Covid-19 ini.

1.            Cari tahu fakta tentang Covid-19

Mencari tahu secara lengkap tentang Covid-19 cukup menghilangkan rasa cemas dan gelisah, selain itu cari tahu juga bagaimana menanganan agar tidak sampai tertular virus ini agar membuat Anda menjadi lebih tenang.

Media terkadang menjadi hal yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan kita semakin menjadi-jadi, pasalnya tidak sedikit media yang memberitakan tentang virus corona ini secara berlebihan. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memilah dan memilih media yang kita baca agar tetap tenang selama #dirumahaja.

2.            Menjaga hubungan dengan teman dan keluarga

Karantina mandiri dan physical distancing (menjaga jarak) mungkin menjadi satu di antara penyebab kecemasan yang timbul pada diri kita. Kesepian akibat isolasi juga dapat memperparah kecamasan yang sedang kita alami.

Saling mendukung dan menenangkan satu sama lain dapat kita lakukan dengan tetap menjaga hubungan baik dengan teman dan keluarga. Menjalin komunikasi melalui media yang ada mungkin menjadi cara agar kita tetap memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan kerabat dekat, walau tidak dapat bertemu langsung.

3.            Menyediakan obat-obatan yang diperlukan

Ada banyak hal di luar sana yang tidak dapat kita kendalikan, termasuk berapa lama pandemi virus corona ini akan berlangsung dan apa yang akan terjadi pada kemudian hari. Beberapa hal perlu Anda lakukan, seperti menjaga kesehatan tubuh, mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh wajah, menghindari kerumunan, dan menghindari belanja barang yang tidak penting.

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah menyediakan obat-obatan yang diperlukan. Jika Anda menderita penyakit tertentu dan menjalani pengobatan, pastikan Anda memiliki persediaan obat yang cukup selama pandemi ini. Sediakan pula obat-obatan lain, misalnya paracetamol untuk demam dan lain-lain.

4.            Memenuhi kebutuhan harian

Beraktivitas tanpa khawatir menjadi salah satu yang kita inginkan saat ini, namun dimasa pembatasan sosial ini hal tersebut harus kita tahan hingga pandemi berakhir. Berkunjung ke tempat ramai akan meningkatkan risiko kita terjangkit virus corona.

Persiapkan stok makanan, sabun, disinfektan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dalam jumlah yang secukupnya. Hindari punic buying atau membeli barang secara berlebihan. Jika Anda dan anggota keluarga Anda sehat, cukup sediakan masker kain untuk dipakai sehari-hari.

Saat membeli makanan, pilihlah makanan bergizi seimbang yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, seperti buah-buahan dan sayuran, kemudian simpan makanan yang sudah Anda beli didalam wadah yang bersih dan jangan lupa letakkan di kulkas.

Jika Anda berisiko tertular virus Corona dan mengalami demam yang disertai gejala pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak napas, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kesadaran Anda dalam menjaga kebersihan dan menjalankan upaya pencegahan virus corona memiliki peran yang sangat besar dalam mengatasi wabah COVID-19. Tetap tenang dan jangan cemas. Mulailah menerapkan social distancing dari sekarang demi melindungi diri Anda, keluarga, dan orang lain.

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment