Kenapa website saya lambat?

Coding menjadi salah satu skill yang paling dicari saat ini. Dengan kemampuan menulis dalam bahasa pemrograman, kita bisa membuat website atau aplikasi dan memprogram platformnya. Hal ini sejalan dengan industri 4.0 yang menuntut perkembangan teknologi di berbagai bidang.

 

Tak heran jika banyak orang yang tertarik belajar coding demi mempersiapkan masa depan. Termasuk orang tua yang memberikan pengetahuan coding kepada anaknya. Banyak dari mereka mulai memikirkan masa depan anak-anak mereka dengan berinvestasi dalam coding. Tidak jarang pula kita menemukan beberapa sekolah yang mulai mengajarkan mengenai apa itu coding dan kegunaannya.

 

Jadi, apa sih manfaat mempelajari coding sejak dini? Simak penjelasan berikut yuk.

      1. Computational thinking

Computational thinking adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide secara terstruktur dan logis. Ketika anak belajar coding, kemampuannya untuk memahami konsep algoritma dan pemecahan masalah berkembang pesat. Kemampuan ini juga menggabungkan mata pelajaran logika dan matematika, memungkinkan anak-anak dengan cepat menemukan solusi untuk masalah.

 

      2. Melatih anak menyelesaikan masalah

Saat belajar coding, anak-anak diajarkan untuk menyelesaikan semua masalah dalam sebuah program. Umumnya mengantisipasi kemungkinan masalah yang muncul dan kemudian menulis kode yang sesuai untuk mencegah masalah lebih lanjut.

 

Proses ini akan membuat anak lebih waspada dalam bertindak. Ia juga akan selalu mempertimbangkan berbagai risiko yang mungkin timbul dari tindakan yang akan ia ambil.

 

      3. Menciptakan inovasi dan mengasah kreativitas

Coding merupakan ilmu yang erat kaitannya dengan teknologi. Teknologi selalu berkembang dengan terus menerus menghasilkan inovasi-inovasi sesuai kebutuhan manusia.

 

Dengan belajar coding, anak akan terbiasa dengan perubahan teknologi dan belajar menggunakan teknologi untuk mencari solusi yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menumbuhkan inovasi dan mengasah kreativitas untuk menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi mereka dan orang lain.

 

      4. Melatih skill komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah salah satu manfaat yang dapat diperoleh anak dari belajar coding. Komunikasi adalah keterampilan penting di sekolah, pekerjaan, dan kehidupan. Jika anak tahu bagaimana mengekspresikan ide-ide kompleks dalam bahasa sederhana, ia tidak akan mengalami kesulitan dalam komunikasi berikutnya.

 

Ada banyak sekali manfaat bagi perkembangan pola pikir serta kecerdasan anak melalui pembelajaran coding. Coding bisa dipelajari sendiri secara otodidak, namun dengan kehadiran pengajar yang berpengalaman pada dunia coding dan game development, maka efektivitas serta progress belajar anak menjadi lebih efektif dan terarah.

 

https://blog.hacktiv8.com/belajar-coding-untuk-anak-perlukah-sejak-dini/

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-belajar-bahasa-pemrograman/

https://www.codyappacademy.com/single-post/manfaat-penting-belajar-coding-untuk-anak

https://blog.kejarcita.id/mengapa-anak-perlu-belajar-coding-sejak-dini-berikut-5-alasannya/

Post a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!