Ide Bisnis untuk Generasi Milenial

Ide Bisnis untuk Generasi Milenial

“Generasi Millenial adalah jenis manusia yang berbeda, yang percaya mengetahui dan menjelajahi berbagai hal sendiri. Mereka tidak suka memiliki barang, baik itu rumah atau mobil. Menenangkan bukanlah pilihan bagi mereka yang berarti mereka lebih memilih mengambil dan lebih siap untuk melawan risiko. Dan ini bermanfaat untuk ekosistem startup,” ungkap Vivekananda Hallekere, seorang milenial yang mendirikan Bounce dan saat ini menjabat sebagai CEO, dilansir dari Entrepreneur.com (24/1/2019).

Generasi milenial saat ini datang untuk menghiasai perbisnisan dunia, mulai dari usaha kecil-kecilan sampai usaha yang besar semua kendalinya dipegang oleh generasi milenial. Banyak sekali konsep-konsep inovatif yang ditawarkan dengan ide kreatif mereka. Pola pikir kewirausahaan mereka begitu kuat, sehingga generasi ini mengambil risiko, suka berpetualang dan selalu siap untuk merebut peluang. Untuk itu, membangun bisnis merupakan jalan tepat bagi generasi milenial.

  • Kafe

Melihat perkembangan milenial yang selalu ingin membuat inovasi terbaru, membuka kafe menjadi salah satu solusi karena prospek yang sangat menjanjikan. Bisnis kafe memang sudah ada dimana-dimana, konsumen tinggal pilih mau kafe yang seperti apa.

Selain bersaing soal rasa dan harga, mereka juga bersaing mengenai design interior kafe yang instagramable. Jika design interiornya oke, pengunjung tidak akan segan untuk kembali lagi bukan? Maka dari itu, kamu harus pandai-pandai mendesign kafe tersebut agar digemari kaum milenial.

  • Street Food

Tidak hanya kafe dan restoran, street food juga merupakan peluang yang bagus untuk bisnis kamu. Objek wisata menjadi potensi bisnis bagus dengan menawarkan kuliner ringan yang lezat, karena pada objek wisata pasti banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang lalu lalang.

Coba hadirkan kuliner ringan yang unik dengan cita rasa gurih dan cenderung hal-hal bermicin. Snack mudah dibawa kemana-mana dan tingkat repeat odernya cukup tinggi. Kamu hanya perlu memperhatikan komposisi yang pas sehingga produk yang dihasilkan enak dan digemari kaum milenial. Apalagi disajikan dengan kemasan yang menarik, pasti konsumen kamu beli terus deh!

  • Jualan Online

Kamu pasti tau kan betapa hebatnya media sosial dalam meningkatkan penjualan? Artinya kamu juga sudah tau kalau berjualan online adalah hal yang sangat menjanjikan. Bisnis online sangat cocok dengan generasi milenial yang melek akan teknologi.

Siapkan strategi marketing yang tepat agar produk yang dijual dapat laku dipasaran. Kamu dapat mengoptimalkan media sosial sebagai platform untuk berjualan. Hadirkan pula diskon atau promo menarik yang bisa membuat konsumen tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

  • Jasa Fotografi dan Videografi

Hobi para generasi milenial dapat menghasilkan uang? Seperti bisnis satu ini yaitu fotografi dan videografi menjadi peluang baru yang sangat diminati oleh kaum milenial. Bagi kamu yang suka foto-foto dengan berbagai objek menarik, kamu bisa menjualnya di beberapa website khusus menjual foto.

Kebanyakan generasi milenial hobi fotografi seiring dengan kepopuleran Instagram sejak 2011 silam. Yang harus kamu lakukan adalah berusaha untuk selalu mencari informasi tentang foto apa yang sedang diminati oleh masyarakat untuk meningkatkan permintaan yang tinggi. Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal sehingga cocok untuk kalian coba!

  • Jasa Pembuatan Website

Manfaatkan kemampuanmu dalam membuat website sebagai ide bisnis online, kamu dapat menawarkan jasa pembuatan website perusahaan atau toko online. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman yang diikuti dengan kecanggihan teknologi. Tahu sendiri kan kalau generasi milenial sangat akrab dengan yang namanya teknologi.Generasi milenial memang identik dengan hal-hal yang serba instan, tetapi juga tersimpan ide-ide menarik yang dapat dikembangkan dalam dunia bisnis. 5 contoh bisnis diatas bisa dijadikan pilihan, tentunya dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui selera kaum milenial saat ini. Yuk siapkan ide menarik, kita mulai berbisnis!

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment