Ide Bisnis Industri Ditengah Wabah COVID-19

Ide Bisnis Industri Ditengah Wabah COVID-19

Beberapa bulan terakhir Covid-19 atau virus corona sedang mewabah di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Banyak upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, seperti menerapkan physical distancing dengan membatasi kunjungan ke tempat ramai untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Pandemi ini menuntut banyak orang untuk berkegiatan #dirumahaja. Para pekerja harus work from home atau bekerja dirumah, mahasiswa dan anak sekolah juga harus belajar online dari rumah. Ditengah keterbatasan ini, masih banyak yang bisa kita lakukan agar tetap produktif dan berpenghasilan dengan memanfaatkan ide bisnis berikut:

1.            Bisnis Online

Sebelum virus corona mewabah di Indonesia, bisnis online memang sudah menjadi pilihan utama banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Kita dapat berjualan dirumah, bertransaksi melalui m-banking, dan siap kirim barang dengan mudah. Bisnis online bidang jasa pun juga dapat ditawarkan seperti menyediakan kelas belajar online, dan lain-lain.

Dengan bisnis online, kita dapat memanfaatkan media sosial yang ada dengan baik untuk memperluas cakupan calon pembeli. Untuk meningkatkan penjualan, kalian bisa mencoba menjual barang-barang yang diperlukan selama masa pandemi ini, seperti masker kain, handsanitizer, atau alat kesehatan lainnya.

2.            Pembuatan Masker Kain

Sejak pandemi ini masuk ke Indonesia, banyak orang yang langsung berburu barang yang satu ini. Tidak sedikit pula yang menimbun untuk pemakaian pribadi ataupun dijual kembali dengan harga yang sangat tinggi.

Permintaan pasar akan masker meningkat begitu pesat. Klaim bahwa dengan memakai masker kita dapat terhindar dari virus corona, membuat masker mulai diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Meskipun masker kain tidak seefektif masker N95 atau masker yang dijual di apotek, setidaknya dengan menggunakan masker kain dapat mengurangi risiko penularan virus corona.

3.            Olahan Frozen Food

Selama masa karantina, banyak keluarga yang terpaksa menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah dapat dikurangi. Mereka mencari makanan yang dapat bertahan lama dan praktis untuk dimasak, seperti makanan frozen food yang sudah menjamur di Indonesia. Kita dapat menjadikan ini peluang untuk menjual frozen food untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi corona ini.

4.            Kuota Internet

Banyak para pekerja yang work from home atau bekerja dari rumah, pun juga mahasiswa dan anak sekolah yang untuk sementara waktu sistem belajarnya menggunakan online learning. Karena semua kegiatan dilakukan dirumah, tentu pemakaian internet jauh lebih besar dibanding biasanya.

Penyedia layanan internet bisa dijadikan peluang bisnis di masa pandemi ini, ataupun jika pandemi ini sudah berakhir.

5.            Camilan

Banyaknya waktu untuk berkegiatan #dirumahaja, ide-ide kreatif pun bermunculan. Salah satunya adalah mencoba resep-resep camilan nikmat yang dapat menemani selama masa karantina.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk memuat camilan dalam jumlah yang banyak untuk dijual secara online. Kita manfaatkan semaksimal mungkin peran internet dan sosial media yang dapat menjadikan peluang bisnis ditengah pandemi corona. Meskipun harus beraktivitas #dirumahaja, tetapi kreativitas harus tetap tanpa batas. Sudah tau mau bisnis apa selama masa pandemi corona?

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

No Comments

Post a Comment